Sabtu, 25 Agustus 2012

3 TAHUN BEBLOG, SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM HARMONI PERUBAHAN

"3 TAHUN BEBLOG, SEMANGAT KEBERSAMAAN DALAM HARMONI PERUBAHAN”

Kebersamaan dan kekompakan adalah pangkal kesuksesan, demikian ungkapan salah satu Kata bijak dan kata mutiara Arab. Sebagai contoh adalah sapu lidi yang tidak akan berfungsi jika kumpulan dari batangan sapu itu tidak bekerja bersama-sama. Begitu juga dengan komunitas Blogger Bekasi BeBlog yang telah mengabdi kepada kota bekasi kurang lebih 3 tahunan. Sebuah komunitas Blogger yang telah berdiri 3 tahun lampau, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2009 ini telah berperan menjadikan budaya “blog” sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan informasi melalui Blog dan jurnalisme warga (citizen journalism), agar bisa berperan aktif dan ikut serta untuk memajukan Kota Bekasi ke arah yang lebih baik.

Tidak bisa dipungkiri, setiap media yang dijalankan memiliki peran ideologis yang ditunjukkan dengan kemampuan untuk menjadi pembentuk agenda masyarakat. Ini juga berlaku dengan Blog sebagai media jurnalisme warga untuk membangun daerah serta memupuk kebersamaan masyarakat dalam harmoni perubahan menuju yang lebih baik.

 Teori ini sesuai dengan teori agenda setting media ( McQuail dan Windhal, 1984; Liftlejhon, 1996; Severein dan Tankard, 1997 ). Dalam era reformasi peran ideologis untuk menentukan agenda publik ini menjadi amat terasa keampuhannya. Dengan kemampuannya sebagai gate keepers, Blogger Bekasi bisa menciptakan agenda media ( media agenda ) dan pada gilirannya nanti akan mempengaruhi agenda publik (publik agenda) dan pada gilirannya nanti akan mempengaruhi agenda kebijakan ( policy agenda ).

  
"3 TAHUN BEBLOG, SEMANGAT KE`BERSAMAAN DALAM HARMONI PERUBAHAN”  BeBlog Blogger Bekasi mendorong kualitas pelayanan publik di kota bekasi dan sekitarnya melalui media sosial dan Blog. Dan ternyata "Ketika media "mainstream" (utama) dinilai kurang mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, maka Komunitas BeBlog Blogger Bekasi hadir untuk itu melalui media sosial dan Blog  Mensosialisasikan pengetahuan blog bagi penduduk Kota Bekasi dan sekitarnya
Memperkenalkan keunikan dan potensi (wisata, kuliner, budaya, dan sebagainya) Kota Bekasi kepada masyarakat diluar Kota Bekasi melalui blog agar tertarik dan mau berkunjung ke Kota Bekasi
Menggunakan blog sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat berbagi di kalangan masyarakat (citizen journalism) Kota Bekasi dan sekitarnya.
 

Menjadikan blog sebagai media penghubung antara penduduk dan Pemerintah Kota Bekasi dan sekitarnya untuk membangun tali silaturahim serta membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Melalui komunitas blogger Kota Bekasi ini, diharapkan akan tercipta sinergi antara penduduk (masyarakat) sebagai blogger dengan Pemerintah Kota Bekasi sebagai pengelola Kota Bekasi.

Selain itu, peran para blogger yang nantinya akan bergabung untuk membentuk sebuah komunitas blogger terbesar di Kota Bekasi ini, bisa menjadi sebuah langkah awal dan alternatif media untuk menampung saran dan masukan positif terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Gorvernment/GCG), yang pada akhirnya bisa ikut berperan serta dalam membangun dan memajukan Kota Bekasi.



Media sosial dengan mengandalkan jurnalisme warga kini semakin berkembang dalam mengisi lemahnya peran dan kerja jurnalistik yang mengusung konten (isi) tertentu yang harusnya ada pada media "mainstream".
Di sisi lain, lanjut dia, perkembangan teknologi informasi telah mendorong orang-perorangan sangat mudah menyampaikan informasi melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter dan sebagainya.

Adapun media sosial tersebut kemudian juga menjadi alat untuk mengkritisi pelayanan publik ataupun menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan publik, dan menurut Mulyadi, di tengah aptisme masyarakat terhadap media untuk mengangkat suatu isu atau permasalahan di lapangan, sedikit terobati dengan kehadiran media sosial. Sementara media "mainstream" juga berusaha membenahi kekurangannya dengan menghadirkan media "online" selain media cetak atau televisi yang sudah ada misalnya Kompasiana yang dikelola Media Kompas, Blog Viva News, Blog Detik dan sebagainya.

Kendati media sosial sudah dapat menjadi media alternatif bagi masyarakat, lanjut dosen Komunikasi Unhas ini, namun masih memiliki sejumlah kelemahan. Sebagai perbandingan, dari segi pengawasan atau kontrol itu terletak pada pengawasan dan filter personalitas yang menulis di media sosial. Sementara pada media "mainstream" itu dikenal adanya penanggung jawab redaksi, mulai dari pihak redaktur, pimpinan redaksi hingga pemilik media.


Blog, media sosial yang memang lebih istimewa dari media sosial lainnya, yang berisi informasi yang sering di update dan kronologis yang dikontrol dan dikelola oleh blogger itu sendiri. Dan komunitas Beblog Blogger Bekasi telah menunjukkan bahwa dengan Blog, bisa memajukan kota Bekasi dari segala sisi keunikan dan potensinya. 

Tema yang diangkat dalam 3 Tahun BeBlog ini, SEMANGAT KE`BERSAMAAN DALAM HARMONI PERUBAHAN

Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan Cinta Bunda Zia