Kamis, 19 Juli 2012

Ternyata Anakku Diare....



Ternyata Anakku Diare.... | Cara Mengatasi Diare Anak

Insyira Fauzia (1,5 tahun) anakku, masih tetap bermain dengan saudara-saudaranya. Namun, beberapa saat kemudian dia menangis dengan mengucapkan kata-kata yang tak bisa ku pahami artinya. Dan tak lama setelah itu dia buang air besar namun cair. Ternyata anakku diare. Dia menangis karena menahan sakit perutnya, akan tetapi setelah tak terasa sakitnya dia bermain kembali dengan saudara-saudaranya.

Satu hari ini empat kali sudah dia buang air besar. Kalut dan bingung akhirnya kubeli obat diare anak di toko obat. Namun, diarenya tak kunjung sembuh, bahkan bertambah parah. Apakah obat ini tidak manjur, atau mungkin salah obat? Malam hari ku bawa dia ke dokter.

Dokter menanyakan penyebab diarenya, makanan yang dimakannya, bahkan tentang kebersihannya. Pasti karena kelalaianku dalam menjaganya.  Dan dokter memberi tahu beberapa cara mencegah diare:

* Beri minum yang banyak, terutama oralit. Bisa dibeli di apotik atau membuatnya sendiri.
* Berikan makanan yang rendah serat. Agar tidak memperparah diare.
* Istirahat yang cukup, jangan biarkan anak terlalu lelah bermain.
* Berikan obat yang tepat dan sesuai dosis

Setelah kuberi dia obat dan terus diminumkan Oralit dalam 1 hari, akhirnya diarenya berkurang. Hari berikutnya dia buang air besar hanya 3 kali dan masih cair. Kuutarakan pada suamiku tuk membawanya ke dokter.

Dan ibuku berujar "coba peraskan kunyit satu sendok". Kulakukan nasihat ibuku. Dan malamnya Insyira Fauzia tak lagi buang air besar cair alias diare.

Thanks Mom.      
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan Cinta Bunda Zia