Senin, 16 Juli 2012

Bekerja Di Rumah Yuk!


Bekerja Di Rumah Yuk!

Jika anda terbiasa bekerja di luar rumah, dan kini tengah dalam proses untuk bekerja full time di rumah, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan untuk mulai bekerja di rumah. Pertimbangan apa sajakah itu?

Memang, bekerja di rumah berbeda dengan bekerja di kantor,akan tetapi anda tetap harus memiliki konsep bagus tentang bagaimana sebaiknya bekerja di rumah. Anda mungkin membayangkan, tak perlu lagi bangun pagi di jam tertentu, sarapan terburu-buru, duduk di ruang kerja, dan memulai pekerjaan dengan ceria.

Salah satu yang mendasari para ibu memilih menjalankan bisnis di rumah, adalah bisa dekat dengan anak. Tetapi, pada kenyataannya bekerja di rumah tak selalu seindah yang dibayangkan, lho! Biasanya, seseorang justru harus bekerja lebih keras bila ia menekuni bisnisnya di rumah, dibandingkan bila bekerja di suatu perusahaan.

 Berikut ini sejumlah hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mengambil keputusan bekerja di rumah.

* Penghasilan Yang Diharapkan Dari Bekerja Di Rumah
Ketika anda sudah menuliskan jumlah penghasilan yang diharapkan, tulis pekerjaan yang akan dilakukan di rumah dengan perkiraan jumlah penghasilan yang akan diperoleh. Jangan lupa, perhitungkan pula tagihan telepon, listrik, dan peralatan lain yang digunakan jika memutuskan bekerja di rumah. Dan bandingkan jumlah penghasilan tadi dengan jumlah penghasilan bila Anda bekerja di luar rumah, lalu dikurangi uang transportasi dan uang makan yang harus Anda keluarkan.

* Perlukah Tambahan Fasilitas Untuk Pekerjaan Di Rumah
Pada umumnya, bekerja di rumah tak terlalu memerlukan fasilitas seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Namun, tentu saja ada beberapa pengecualian.

* Apa Pekerjaan Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah ?
Apabila anda bekerja sebagai tenaga lepas misalnya, Anda harus mengerti, perusahaan yang pemberi pekerjaan tak wajib selalu memberi pekerjaan. Ada masa sibuk dan masa tenang.

Bila penghasilan menjadi sangat penting bagi kebutuhan rumah tangga, Anda harus betul-betul menyadari hal ini. Selama masa sibuk, mungkin Anda akan bekerja sampai 40-50 jam per minggu dan pada masa tenang hanya bekerja 10 jam per minggu. Inilah faktor yang menjadi sebab banyak orang yang memilih banyak macam pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah.

* Motivasi Yang Anda Perlukan Selama Bekerja
Bekerja di rumah akan terasa sangat sulit bila Anda termasuk tipe orang yang selalu harus diberi dukungan dan dorongan, . Anda harus betul-betul disiplin pada pekerjaan. Apalagi di rumah, akan ada banyak godaan yang datang.

Selalu taati disiplin, konsisten, dan fokus pada jadwal dan jam kerja yang telah ditentukan sendiri. Persis seperti bila Anda bekerja di suatu perusahaan.

* Suasana Sunyi Di Rumah
Bekerja di rumah, bila tak bekerja sendiri, paling hanya dibantu 1-2 asisten. Bila Anda biasa bergaul dan tak tahan dengan rasa sepi, bekerja di rumah akan terasa sulit dan menyiksa.Suasana bekerja di rumah tak sama dengan suasana bila bekerja di suatu perusahaan yang memiliki banyak pegawai.

Memang tak mudah untuk menyesuaikan diri. Namun, Anda bisa tetap menjalin hubungan dengan teman-teman dan bertemu secara berkala. Bisa juga chatting dengan teman-teman melalui internet.

* Perlukah Penitipan Anak?
Kaum ibu ingin bekerja di rumah agar dapat memperhatikan anak, sehingga tak perlu menitipkan anaknya di tempat penitipan anak. Perlu diingat bahwa, bekerja di rumah dengan anak yang masih balita tidaklah mudah, karena perhatian Anda akan terbagi antara pekerjaan dan anak. Tetapi semuanya tergantung dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Semakin besar usia anak, semakin mudah bagi Anda untuk bekerja di rumah.

* Memilih Jenis Pekerjaan Yang Disukai
Untuk bekerja di rumah, yang Anda perlukan adalah selalu memiliki motivasi dan disiplin diri yang besar, ditambah jenis pekerjaan yang Anda sukai. Mungkin saat ini Anda merasa tak penting dengan jenis pekerjaan, sejauh mendapatkan uang. Percayalah, hal ini tak akan bertahan lama. Anda harus menyadari, termasuk tipe bagaimanakah Anda untuk tipe pekerjaan yang cocok. Apakah Anda kreatif atau pekerja keras? Cari tahu visi Anda tentang bekerja di rumah dan temukan pekerjaan yang sesuai.

Biasanya wanita senang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan mereka. Misalnya bisnis dalam hal kecantikan atau pakaian. Cobalah yang menurut anda cocok dan senang.

* Buatlah Ruang Kerja Sendiri
Walaupun ruang yang anda miliki sangat minim, namun usahakan untuk memiliki empat sendiri bagi anda bekerja. Untuk meletakkan barang-barang dan dokumen yang anda butuhkan. Dan apabila bosan, jangan segan untuk berpindah ke luar rumah sambil bermain dengan anak-anak.

* Inginkah Anda Bekerja?
Seseorang mengatakan ingin bekerja di rumah, berarti ia tak menginginkan pekerjaan tetap dan tak mau terikat. Yang mereka inginkan adalah kebebasan untuk mengatur jadwal dan jam kerja, serta melakukan pekerjaan yang memang disukai.

Pertimbangkanlah untuk memulai usaha anda sendiri dan menjadi bos bagi diri sendiri. Bila anda belum menguasai hal yang ingin anda tekuni, mulailah untuk mendalaminya, temukan dari banyak sumber, internet, buku, seminar, atau orang yang berpengalaman.

Bekerja di rumah tidaklah semudah yang dibayangkan dan juga sangat menantang. Tetapi, banyak yang telah melakukannya mengatakan, bekerja di rumah cukup menyenangkan. Mungkin artikel ini akan memberikan kesan bahwa bekerja di rumah sangat berat bagi anda, tapi ingatlah bahwa anda mungkin bisa berubah pikiran. Berikan tantangan pada diri sendiri setiap hari dan perkuat disiplin diri. Bila kemauan cukup kuat, yakinlah Anda pasti dapat merealisasikannya. Mulailah bekerja di istana anda sendiri !

www.berbisnisdarirumah.com/?id=cantikmandiri
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan Cinta Bunda Zia